selo-ageng-wonosalam

Selo Ageng Wonosalam lokasi wisata yang khas dengan suasana hutan dan alamnya yang kini menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak menarik perhatian para pengunjung karena adanya spot foto yang unik dan apik. Sama seperti lokasi wisata sebelumnya, Wana Wisata ini juga berada di Wisata outbound di wonosalam- Jombang-Jawa Timur.

Tempat ini sebenarnya bukan tempat wisata yang tergolong baru di Wonosalam. Selo yang memiliki arti batu dan Ageng yang berarti besar cukup menunjukkan bahwasannya Selo Ageng merupakan sebuah tempat wisata yang memang di dalamnya terdapat batu dengan ukuran yang besar. Tak hanya besar, mungkin bisa dikatakan raksasa juga.

Terletak tepat di seberang kantor Dinas Pendidikan UPT Wonosalam di jalan Anjasmoro 138, Dusun Tukum, Desa Wonosalam, Wana Wisata Selo Ageng menyuguhkan pemandangan hutan dan pepohonannya yang tinggi menjulang. Dapat didapati pula jalan setapak yang kecil namun tetap mudah dilalui.

Tempat perkemahan/Camping ground yang pertama kali buka pada tahun 2005. Namun, dengan seiring berjalannya waktu pengembangan demi pengembangan dilakukan guna mempercantik tempat ini. Sedikit mengikuti tren di kalangan generasi milennial, Selo Ageng pun kini tampil dengan menyajikan pemandangan yang instagramable dan banyak disukai oleh kalangan muda.

Tanaman hias dan bunga-bunga yang ditanam di dekat gerbang menambah keindahan suasana hutan yang dikelola perhutani itu. Di beberapa pohon juga dipasang hiasan berupa tulisan yang berisi kata-kata lucu maupun tulisan yang berisi motto hidup. Hiasan-hiasan ini seakan memberikan warna bagi heningnya hutan Selo Ageng. Selain itu, diantara banyaknya pepohonan yang menjulang tinggi, terkadang dapat kita temui tupai yang berlarian di antara rantingnya.

Awal mula dibuka, Selo Ageng belum seindah ini. Selo Ageng hanya berupa hutan yang khusus dijadikan sebagai bumi perkemahan untuk penjelajahan. Bumi perkemahan ini masih belum banyak dieksplorasi karena dari total luas tiga hektare, tanah perhutani ini 2,5 hektarenya masih belum tersentuh pengembangan. Cocok untuk wisata penjelajahan hutan.

Selain sebagai sebuah wana wisata bumi perkemahan, Selo Ageng juga cocok untuk dijadikan tempat fun tubing, outbound, LDKS, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bahkan, tempat ini juga dijadikan sebagai basecamp komunitas motor trail Wonosalam yang biasa digunakan untuk menjelajah hutan.

Dengan upaya pengembangan yang dilakukan oleh pengelola, dibangunnya beberapa spot foto yang memang sedang tren di kalangan anak muda. Gardu spot yang dibangun diantaranya ada Gardu spot berbentuk tulisan I love u, bunga matahari, dan juga bunga teratai biru. Gardu spot tulisan i love u mungkin mirip dengan yang terdapat di malang, begitu pula dengan gardu spot bunga matahari, tetapi lain halnya dengan gardu spot bunga teratai biru. Masih jarang dan belum banyak kalangan anak muda memiliki potretnya. Gardu spot disini menyuguhkan latar yang berbeda dengan di tempat lain. Jika ditempat lain, menampilkan hamparan pemandangan dan jurang, maka di Selo Ageng memberikan latar tebing dan aliran sungai kecil di belakangnya.

Di wisata Selo Ageng ini, memang para pengunjung dapat menikmati sejuknya air sungai yang mengalir lembut. Sungai ini begitu dangkal, aliran airnya bahkan hanya seukuran mata kaki anak-anak. Sehingga, aman bagi mereka untuk bermain air disini. Tidak perlu takut bahaya derasnya aliran air sungai.

Selain itu, di wisata Selo ageng juga menyediakan hammock dan ayunan untuk bermain. Di tempat ini juga terdapat batu-batu besar yang seakan menjadi keunikan utama yang terdapat disini. Bentuk batunya hampir seperti kubus meski sudutnya halus. Ukurannya yang begitu besar menjadi daya tarik untuk para pengunjung mengambil foto di spot ini.

Untuk masuk ke wisata gerbang hutan ini, anda tidak perlu dipungut biaya alias gratis. anda hanya diwajibkan untuk membayar parkir kendaraan. Tarifnya hanya sebesar Rp. 10.000,- untuk kendaraan roda 4 dan Rp. 5.000,- untuk kendaraan roda 2. Lahan parkir yang disediakan pun cukup luas.

Lokasi Wana Wisata Selo Ageng Wonosalam sendiri berlokasikan tepat di pinggir jalan Anjasmoro Wonosalam, yang merupakan jalan utamadi Wonosalam. Jadi, pengunjung Wana Wisata Selo Ageng bisa dengan mudah menemukan lokasinya. Berbeda dengan berbagai tempat yang penuh pengunjung di akhir pekan, tempat wisata ini memang belum terlalu ramai sehingga cocok dijadikan untuk piknik keluarga atau anda yang ingin bersantai dengan suasana yang menyatu dengan alam.

Tempat wisata yang indah ini memang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, jika anda ingin mengunjunginya bersama kami, Sedov provider anda bisa mengubungi kami di nomor : +62812 6222 7300