sekolah-ndeso-wonosalam

Sekolah Ndeso Wonosalam-Dusun Sumber merupakan salah satu wilayah di Desa dan Kecamatan Wonosalam, sebagian besar warganya bermata pencaharian buruh tani musiman yang rata-rata berpendidikan SD-SMP. Sehingga dengan keterbatasan wawasan dan biaya, akhirnya sebagian para orang tua secara tidak langsung memaksa anaknya setelah beranjak remaja untuk ikut berpikir dan bertindak membantu memenuhi kebutuhan hidup keluarganya, bagi anak perempuan banyak sekali terjadi pernikahan di usia dini, sedangkan anak laki-laki setelah lulus SMA atau SMP bahkan SD sudah mengikuti jejak ayahnya membantu mencarikan rumput untuk kambing ataupun sapi peliharaan, akan tetapi yang tidak punya hewan peliharaan, para remaja bekerja serabutan. Saat ini sebagian warga masyarakat wonosalam menganggap bahwa pendidikan formal untuk anaknya itu belum menjadi sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi.

Self Development and Motivation (SEDOV) pada tahun 2012 membuat sebuah Program Sosial dengan judul “SEKOLAH NDESO” sebagai salah satu jawaban untuk memenuhi kebutuhan yang belum tersentuh dimasyarakat Wonosalam terutama kebutuhan mengenai pendidikan soft skill dan hard skill, yang sementara ini diperuntukkan bagi warga wonosalam yang mau dan membutuhkan.

Program “SEKOLAH NDESO” ini memang dirancang secara sederhana, bertahap dan terstruktur, sehingga bisa diterima oleh semua golongan masyrakat. Sekolah ini bertempat disebuah rumah kontrakan yang diberi nama “Rumah Sahabat SEDOV” terletak di Dusun Sumber Kauman, Desa Wonosalam, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Nama “Sekolah Ndeso” dipilih, karena memang letaknya berada di pedesaan dengan sistem non formal, sekolah ini diperuntukan bagi para warga desa dengan biaya seikhlasnya bahkan seringkali bebas biaya, siswa sekolah ini berusia mulai 7 tahun sampai dengan 30 tahun. Materi Program yang sudah berjalan di Sekolah Ndeso ini antara lain adalah :

  • Sinau (belajar) Komputer untuk SD dan umum
  • Sinau (belajar) Pelajaran sekolah untuk SMA.
  • Sinau (belajar) jadi pemandu wisata untuk remaja dan pemuda.
  • Sinau (belajar) berkebun untuk remaja.
  • Sinau (belajar) jadi fasilitator experential learning untuk remaja dan pemuda.
  • Sinau (belajar) sablon untuk remaja dan pemuda.
  • Sinau (belajar) wirausaha untuk remaja, pemuda dan umum.

Sedangkan hasil yang sudah didapatkan dari Sekolah Ndeso mulai tahun 2012 sampai sekarang ini adalah:

  • Para siswa yang tergabung didalam “Sinau (belajar) jadi fasilitator experential learning” beberapa sudah diminta untuk membantu kegiatan baik training maupun fun oleh Self Development and Motivation (SEDOV) sendiri dan juga lembaga lain.
  • Para siswa yang tergabung didalam “Sinau (belajar) berkebun” beberapa sudah mempraktekan dirumah masing-masing dengan menanam cabai, terong, sawi dll. Bahkan salah satu siswa karena prestasinya sudah mendapatkan beasiswa bebas biaya untuk melanjutkan keperguruan tinggi, guna mendalami ilmu agroteknologi di Universitas Widyagama Malang.
  • Para siswa yang tergabung di dalam “Sinau (belajar) wirausaha” beberapa sudah mendirikan usaha kecil berupa produksi kaos khas Wonosalam dengan merk brand ”Wong Angon” dan servis komputer, pengetikan, disain bener, undangan dll.

Untuk mendukung Sekolah Ndeso ini, maka Self Development and Motivation (SEDOV) juga membuat sebuah perpustakaan kecil. Hal ini ditujukan agar minat baca sekaligus wawasan anak-anak, remaja dan siapapun yang berada disekitar Rumah Sahabat SEDOV menjadi tumbuh dan berkembang.

Untuk tanya jawab maupun booking, Hubungi kami Sedov indonesia ( Call/Whatsapp) : +62812 6222 7300

Salam hangat dan persahabatan dari kami,