kopi-wonosalam-jombang

Kopi Excelsa Wonosalam Jombang belakangan ini menjadi minuman yang banyak dinikmati oleh masyarakat berbagai kalangan. Jika dahulu, kopi identik dikonsumsi oleh orang yang sudah tua, maka sekarang tidak. bahkan, kini banyak dari kalangan remaja yang suka akan mengonsumsi kopi, karena banyaknya jenis kopi yang disuguhkan dan hal tersebut cocok akan taste para anak muda. Kopi sudah bukan lagi dikenal dengan minuman dengan warna hitam yang rasanya selalu pahit. Seiring berkembangnya zaman, berbagai macam jenis kopi sudah dapat kita temui dengan mudah.

Maka dari itu, hal ini membuat kami memiliki ide untuk mengadakan wisata kopi Wonosalam hal ini bertujuan agar kalian tidak hanya mengenalikopi ketika sudah siap dikonsumsi saja. Melainkan juga saat kopi masih berbentuk tanaman berupa biji.

Kebun kopi yang lokasinya tepat berada di Dusun Banyon, desa Carangwulung, Wonosalam ini memiliki banyak jenis tanaman kopi yang nantinya akan kami perkenalkan kepada anda. Entah itu mengenai ragam biji kopi di Nusantara, kekayaan rasa dan aromanya yang memanjakan lidah, tentang bagaimana biji kopi tersebut diolah hingga hadir di meja-meja penikmatnya, atau tentang bagaimana perjuangan para petani yang dengannya kopi terasa lebih nikmat. Singkatnya, dalam hal-hal mendasar tentang kopi pun banyak yang belum kita ketahui.

Di dalam kegiatan kopi ekselsa wonosalam day, kami akan menyuguhkan serangkaian kegiatan yang sifatnya memberikan edukasi namun secara asyik, santai, dan pastinya menarik. Kami akan mengajak secara langsung para peserta untuk mengenal kopi, memberikan edukasi tentang kopi di kebun kopinya secara langsung. Semua jenis tanaman kopi terdapat di kebun kopi ini. Namun, ada 3 jenis kopi yang paling menarik minat para pengunjung yakni kopi jenis arabika, robusta, dan excelsa.

Secara umum kopi wonosalam jombang, biji kopi memang dibagi menjadi dua tipe berdasarkan spesies tanamannya. dua tipe tersebut adalah biji kopi arabika dan biji kopi robusta. Namun, berasal dari masing-masing spresies tersebut tanaman kopi masih tersedia banyak ragam variasi turunannya.

Baca juga : Belajar kopi wonosalam dikebun secara langsung.

Biji kopi arabika adalah tipe yang paling banyak ditemui dan digunakan untuk membawa dampak kopi. Kopi arabika dipercaya sebagai kopi dengan mutu terbaik. Pasalnya, kopi arabika lebih sukar diproses dan diolah. Disamping sensitif terhadap suhu, tanaman kopi jenis ini juga mudah diserang hama dan penyakit. Kopi arabika mesti ditangani harus dengan penuh kehati-hatian. Biji kopi ini bentuknya agak memanjang dan pipih dan tektsturnya pun lebih halus dibandingkan dengan kopi robusta. Rasa dari kopi jenis arabika ini lebih didominasi dengan raa manis agak asam dikarenakan takaran sukrosa atau gula dalam kopi arabika lebih tinggi. Kopi arabika mengandung kafein sekitar 1,2 persen sehingga setelah diseduh kopi ini menjadi lembut dengan warna yang tidak terlalu pekat. Maka dari itu, inilah mengapa umumnya kopi jenis ini dihidangkan di kafe, restoran, atau kedai kopi ternama umumnya menggunakan biji kopi jenis arabika. Contoh kopi arabika yang banyak dikenal adalah seperti Toraja, Sumatera, Mandailing, dan masih banyak yang lainnya.

Selain arabika, ada pula kopi robusta. Jenis tanaman kopi yang satu ini lebih mudah tumbuh dan dirawat dibandingkan tanaman kopi arabika. Kopi ini dapat ditanam di dataran yang tidak terlalu tinggi bersama suhu yang berubah-ubah. Bentuk biji kopi robusta yakni bulat dan agak lebih padat daripada jenis kopi arabika. Ukurannya pun terhitung lebih kecil dan teksturnya sedikit kasar. Ciri khas rasa kopi robusta adalah pekat dan agak pahit. Pasalnya, takaran kafeinnya lebih tinggi dibanding kopi arabika. Cita rasa dan aromanya pun sangat kuat. Beberapa diantaranya, setelah dioleh menjadi minuman kopi jenis robusta memiliki wangi yang agak seperti kayu. Contoh kopi robusta yang dapat banyak anda temui di Indonesia antara lain seperti kopi Lampung, Bali, Flores, dan Bengkulu.

Beberapa perbedaan antara kopi jenis arabika dan robusta juga dapat diidentifikasikan dari biji serta pohon kopinya. Pada kopi arabika mempunyai ciri ciri seperti : lebih cenderung tumbuh di dataran tinggi kurang lebih berkisar antar 1000 sampai 2000 m, agak sulit dalam pemeliharaannya, membutuhkan waktu sekitar 9 bulan mulai dari proses bunga hingga menjadi buah, berbuah di suhu lebih dingin serta mempunyao hasil kopi dengan jumlah yang lebih rendah. Lalu, beberapa ciri kopi robusta seperti kopi robusta yang dapat tumbuh pda ketinggian di antara 400 sampai 700 meter diatas permukaan laut. Kopi robusta juga dapat berbuah pada suhu yang lebih panas dengan jumlah biji kopi yang dihasilkan itu lebih tinggi. Membutuhkan waktu antara 10 hingga 11 bulan dari proses bunga ke buah.

Selain arabika dan kopi robusta wonosalam dan kopi luwak wonosalam, ada satu lagi jenis kopi yang menarik minat para pengunjung yaitu kopi excelsa wonosalam. Kopi excelsa termasuk sebagai salah satu varietas kopi liberica. Namun, masih banyak yang memperdebatkannya, sehingga kopi jenis excelsa ini memiliki banyak nama sinonim. Di Indonesia sendiri dapat kita temui kopi jenis ini, biasanya ditanam di dataran rendah dengan kondisi tanah bergambut. Selain anda dapat menemukannya di wonosalam, ternyata tanaman kopi satu ini juga bisa ditemukan di Jambi. Warna daun dari tumbuhan kopi ini dominan dengan warna hijau tua dengan bagian belakang yang berwarna hijau terang. Ukurannya lebar dan luas serta bunganya yang kontras dengan wrna putih dan berukuran besar. Buah kopi excelsa pendek dan lebar. Bijinya berukuran lebih kecil. Tanaman kopi excelsa wonosalam cocok dikembangkan pada ketinggian lahan mulai 0-750 meter diatas permukaan laut. Idealnya, di daerah yang beriklim tropis dengan curah hujan sedang. Jika curah hujan tinggi, maka tanaman ini akan lebih mengembangkan kayunya daripada buahnya. Kopi excelsa memerlukan waktu sekitar satu hingga dua bulan dengan curah hujan kurang dari 50mm untuk berbunga. Harga kopi wonosalam sangalah terjangkau dengan berbagai penikmat kopi jawa timur, denga jual kopi wonosalam caranya pun online dan offline serta endors artis kopi indonesia.

Sedikit penjelasan mengenai tiga jenis kopi yang paling menarik minat para pengunjung ketika melakukan kegiatan kunjungan kopi wonosalam jombang, jika kalian ingin mengenal lebih spesifik mengenai kopi segera gabung bersama  kami sedov provider tentunya akan memberikan sebuah pengalaman baru dan tentunya berharga. Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami di nomor : 0812-6222-7300 ( Call/WA)

error: Content is protected !!